Sabtu, 05 Desember 2015

media pembelajaran



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah pujisyukurkehadirat Allah SWT, yang denganrahmatdaninayah-Nya.MakalahinidisusununtukmemenuhimatakuliahMedia Pembelajaran AUD.
PenulisjugamengucapkanterimakasihkepadaBapakDudungAbdussalamM.PdselakudosenpembimbingmatakuliahMedia pembelajaran AUD. Penulisjugaberterimakasihpadateman-teman yang telahmemberipengarahandanpetunjukdalampembuatanmakalahini.
Penulismenyadaribahwadalampembuatanmakalahinimasihbanyakkekurangan, olehkarenaitukritikdan saran daridosenpembimbingmaupunteman-temansangatpenulisharapkantegursapanyauntukperbaikanmakalahinidanselanjutnya.
Kepada Allah SWT, kami memohontaufikdanhidayah-Nyasemogadalampembuatanmakalahinisenantiasadalamkeridhaannya-Nya. Amin.


Kuningan,   November 2013

Penulis


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iii
BAB I. PENDAHULUAN
1.1  LatarBelakang.......................................................................................... 1
1.2  RumusanMasalah..................................................................................... 3
1.3  Tujuan...................................................................................................... 4

BAB II. PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Media Pembelajaran............................................................... 5
2.2  PerandanKedudukan Media Pembelajaran.............................................. 5
2.3  Manfaat Media pembelajaranBerbentuk Jam.......................................... 6

BAB III. PENUTUP
3.1  Kesimpulan..................................................................................... ........ 8







BAB 1
PENDAHULUAN

1.1        LatarBelakang
PendidikanAnakUsiaDini, khususnya di Taman Kanak-kanaksangatpentingsekalidanmerupakansalahsatujenjangpendidikan yang perludiperhatikan. Taman Kanak-kanakmerupakansalahsatubentukpendidikananakusiadinipadajalur formal yang menyediakan program pendidikananakumur 4 sampai 6 tahun yang bertujuanmembantumengembangkanpotensibaikpsikisdanfisik yang meliputinilai-nilai moral, agama,disiplin, sosialemosional, kemandirian, kognitif, bahasa, fisik, motorik, danseniuntuksetiapmemasukipendidikanselanjutnya. Hal inisesuaidengan UU No.20 tahun 2003 bab I, pasal 1 butir 14 yaitu :Pendidikananakusiadiniadalahsuatuupayapembinaan yang ditujukankepadaanaksejaklahirsampaiusiaenamtahun yang dilakukanmelaluipemberianrangsanganpendidikanuntukmembantupertumbuhandanperkembanganjasmanidanrohani agar anakmemilikikesiapandalammemasukipendidikanlebihlanjut.
Pendidikan Taman Kanak-kanakmengupayakan program pengembanganprilakuataupembiasaandankemampuandasarpadadirianaksecara optimal.Dalamrangkamengoptimalkanperkembangananakmelaluipendidikananakusiadini, program pendidikanharusdisesuaikandengankarakteristikanak yang mempunyaipengalamandanpengetahuan yang berbeda. Program pendidikanharusmemberikanrangsangan-rangsangan, dorongandandukungankepadaanak.Program pendidikanuntukanak, harusmemperhatikanseluruhaspekperkembangananaksertadisesuaikandengankebutuhan, minatdankemampuananak.Pendidikan di Taman Kanak-kanakmengupayakananakuntukmemperolehstimulasiterhadapkemampuandasar yang meliputinilai agama dan moral, bahasa, kognitif, fisik (motorikhalusdanmotorikkasar).
Pengembangankognitifanak Taman Kanak-kanakdapatdilakukanmelaluipengenalanbendasekitarmenurutbentuk, jenis, ukuran, pengenalankonsep-konsepsains, pengenlanbentukgeometri, pengenalantentangkonsepwaktu, pengenalankonsepmatematikasederhana, pengenalantentangbilangan, terutamapengenalankonsepangkadenganbenda.
Pengenalankonsepmatematika di Taman Kanak-kanakdapatdilakukanmelaluiberbagaimetodeantara lain metodebercerita, tanyajawab, pemberiantugas, prakteklangsungataumelaluiberhitung. Permainanberhitungmerupakanbagiandarimatematika yang diperlukanuntukmenumbuhkembangkanketerampilanpengenalankonsepmatematika yang bermanfaatuntukkehidupansehari-hari, terutamamengenallambangbilangan yang merupakandasarbagipengembangankemampuankognitif.Sampaisaatini, pengenalankonsepangkabelumberkembangdenganbaik.Begitu pula pengembangankemampuanmatematikadalambelajarbelumberkembangdenganbaik.Seharusnyakemampuanmatematikaanakdapatdikembangkandenganbaikmelaluipemberianfasilitasdanpembelajaran yang dilakukan guru, yang disertaidenganstrategiataumetodepembelajaran di Taman Kanak-kanaksupayamenghasilkanpembelajaran yang optimal, hendaknyapembelajarandiikutidengan media sehinggapembelajaran yang diberikan guru bermaknabagianakdandapatmengembangkanpengenalankonsepangkasertakemampuanmatematikaanak.
Berdasarkankenyataan yang penelititemukan di Taman Kanak-kanak Pembina KecamatanBaranginSawahluntokhususnyakelompok B1 adalahkurangnyakemampuananaktentangpembelajaranmatematika, penelitiseringmenemukankurangnyapemahamananaktentangukuran – ukuranbenda (tinggi, rendah, besar-kecil, berat-ringan, banyak-sedikit), sertadalam proses pembelajaran, kemampuan guru untukmengajakanakmengikutikegiatanpembelajarandenganalatperaga yang digunakan guru, kurangmenarikbagianaksertametodepembelajaran yang digunakankurangbervariasi, terutamauntukmeningkatkankemampuanmatematika
MenurutSusanto( 2011:47 ) Kognitifadalahsuatu proses berpikir, yaitukemampuanindividuuntukmenghubungkan, menilai, danmempertimbangkansuatukejadianatausuatuperistiwa. Proses kognitifberhubungandengantingkatkecerdasan( intelegensi) yang menandaiseseorangdenganberbagaiminatterutamasekaliditujukankepada ide-ide danbelajar. TujuanperkembangankognitifmenurutMasitohdalamAisyah ( 2006:1.12) adalahuntukmengembangkankemampuanberpikiranak agar dapatmengolahperolehanbelajarnya, dapatmenemukanbermacam-macamalternatifpemecahanmasalah, membantuanakuntukmengembangkankemampuanlogikamatematikanya, mengembangkanmemilah-milahdanmengelompokan, mempersiapkanpengembangankemampuanberpikirteliti.
MenurutMontolalu (2009:8.31) Matematikaadalahsesuatusistemabstrakuntukpengalamandalammengorganisasikansertamengurutkan. Anakusia Taman Kanak-kanakberpikirberpikirsecarakonkret, konsep-konsepatauurutantidakakanberartiapa-apabagimerekakecualimerekamemilikisesuatukonkretuntukbisadihitungdandiurutkan. 
TujuanpembelajaranmatematikaberdasarkanpendapatSujiono (2008:11.5) permainanmatematikabertujuan agar anakdapatmengetahuidasar-dasarpembelajaranberhitungdalamsuasana yang menarik, aman, nyaman, danmenyenangkan, sehinggadiharapkannantinyaanakakanmemilikikesiapandalammengikutipembelajaranmatematika yang sesungguhnyadisekolahdasar. Bermainmerupakansuatukegiatan yang dilakukananaksecaraberulang-ulangsemata-mata demi kesenangandantidakadatujuanatausasaranakhir yang ingindicapainya, PendapatHildayani (2007: 4.3).Tujuanbermain yang dikemukakanSantoso (2006: 4.4) adalahuntukmelatihkecerdasanmusikal, kecerdasanspasialdan visual, kecerdasankinestetik, kecerdasan interpersonal.Jikakitamengenalkecerdasanspritualmakakecerdasaniniberadadiataskecerdasanemosional.Fungsibermainmempunyaiperananpentingbagiperkembangankognitifdansosialanak, fungsibermainjugadapatmempengaruhiperkembanganbahasa, disiplin, perkembangan moral, kreativitas, danperkembanganfisikmotorikanak.

1.2        RumusanMasalah
Berdasarkanlatarbelakangmasalah yang dikemukakan di atas, terdapatbeberaparumusanmasalahdalamkaitannyadenganMedia PembelajaranBerbentuk Jam, yaitusebagaiberikut:
a)      ApaPengertian media pembelajaran?
b)      Menerangkanperan media pembelajaran?
c)      Apamanfaat media pembelajaranberbentuk jam?
1.3        Tujuan
Dalampembuatanmakalahinipenulismempunyaimaksuddantujuanantara lain:
a)      Mengetahuipengertian media pembelajaran.
b)      Mengetahuiperandari media pembelajaran.
c)      Mengetahuimanfaat media pembelajaranberbentuk jam.
 



BAB 2
PEMBAHASAN
2.1        Pengertian Media Pembelajaran
Media berasaldaribahasa Latin danmerupakanbentukjamakdari kata medium yang secaraharfiahmemilikiartiantara, perantara,ataupengantar. Media adalahperantaraataupengantarpesandaripengirimpesankepadapenerimapesan.Terkaitdenganpembelajaran, media adalahsegalasesuatau yang dapatdigunakanuntukmenyampaikanpesandaripengirimpesankepadapenerimapesansehinggadapatmerangsangpikiran, perasaan, danperhatiananakdidikuntuktercapainyatujuanpendidikan.
Bahwapengertian media dalampembelajaranadalahsegalabentukalatkomunikatif yang dapatdigunakanuntukmenyampaikanpesan/informasidarisumberkepadaanakdidikyanngbertujuan agar dapatmerangsangpikiran, perasaan, minatdanperhatiananakdidikuntukmengikutikegiatanpembelajaran.

2.2        PerandanKedudukan Media dalamPembelajaran
Media selaindapatdigunakanuntukmengatarkanpembelajaransecarautuhjugadapatdimanfaatkanuntukmenyampaikanbagiantertentudarikegiatanpembelajaran, memberikanpenguatanmaupunmotivasi.Kembalikepadaartipenting media dalam proses beelajar-mengajar yang dapatmengantarkankepadatujuanpendidikan, makaberikutiniakandiuraikanberbagaiperanan media dalam proses belajarmengajar (Hamalik 1997, Sadiman, 2003).
a)            MemperjelasPenyajianPesandanMengurangiVerbalitas
Sesuaidengankarakteristikdari media, makapenggunaan media dapatmembantumanusiamengatasisedikitbanyakketerbatasaninderamanusiasehinggapesan yang disampaikanmenjadijelas.Penggunaan media dapatmengurangiverbalitaskarena media dapatmendooroonganakuntukaktifberperansertadalam proses belajarmengajar, sehinggainformasi yang diterimaolehanakdidiktidakhanyadari guru sajatetapianakdidikjugaturutaktifmencaridanmendapatkaninformasipembelajarantersebut.
b)            MemperdalamPemahamanAnakDidikterhadapMateriPelajaran
Denganpenggunaa media dalambelajarakanadakejelasaninformasi/pesantentangmateripelajaran yang diterimaanakdidik. Di sampingitu, melalui media peranaktifanakdidikdapatdigerakkanuntukmemperolehpengetahuantentangmateripelajaran, makahalitusecaraotomatisakanmemperdalampemahamananakdidik.
c)            MemperagakanPengertian yang AbstrakkepadaPengertian yang KoonkretdanJelas
Materipembelajaransering kali adalahsesuatu yang bersifatabstrak. Hal yang abstrakinitidakmudahdipahamiterutamauntukanakusiadini. Olehkarenaitu, media mampumenjadikansesuatu yang bersifatabstrakdapatdipahamisecarakonkretdanjelas.
d)           MengatasiKeterbatasanRuang, WaktudanDayaInderaManusia
Manusiamemilikiketerbatasaninderauntukbisamemahamitentangselukbeluklingkungankehidupannyajikahanyamengandalkandayainderanya.Olehkarenaitu, manusiamembutuhkanbantuanberbagaialatyaitudenagnmenggunakanberbagai media.

Dapatdikatakanbahwasalahsatufungsiutama media pembelajaranadalahsebagaialatbantumengajar. MenurutHamalik (1986) pemakaian media dalam proses pembelajarandapatmeningkatkankeinginandanminat yang baru, membangkitkanmotivasidanrangsangankegiatanbelajar, danjugaberpengaruhpadapsikologissiswa.Levie& Lentz (1982) mengemukakanfungsi media pembelajaransebagaiberikut
v  Fungsiatensiyaitumenarikdanmengarahkanperhatiansiswapadaisipelajarandibantudengan media gambarsehinggamemilikikemungkinanmengingatisipelajaranlebihbesar.
v  Fungsiafektifyaitumunculketikabelajardenganteks yang bergambar, sehinggadapatmenggugahemosidansikapsiswa.
v  Fungsikognitifyaitumengungkapkangambarmemperlancarpencapaiantujuanmemahamidanmengingatinformasi yang terkandung.
v  Fungsikompensatorisyaituberfungsimengakomodasikansiswa yang lemahdanlambatmenarimadanmemahamiisipelajaran yang disajikandenganteks.

2.3        Manfaat Media PembelajaranBerbentuk Jam

Memilikibeberapamanfaatyang dapatmengembangkankemampuanpesertadidikkhususnyaanakusiadinidalam proses kegiatanbelajarmenggunakan jam sebagai media pembelajarnya, diantaranya :
a)      Membantuanakmengenalkonsepwarnadanangka.
Melalui media iniakandapatmembantuanakuntukdapatmengenalberbagaimacamwarna, berbagaiwarna-warna yang menarik yang adadalam jam akandapatanakketahui. Serta anakdapatbelajarangka-angka yang adapada jam, di karenakan media yang di gunakanpadasaatiniadalah jam, makaangka yang dapatanakketahuiayaitu yang menunjukkanpada jam, yakni 1 – 12. Sehinggadalamhalinikemampuankognitifnyaakanlebihbaiklagi.
b)      Belajarberhitung
Jam yang di gunakansebagai media pembelajaranini, akandapatmembantukemampuananakuntukberhitung. Dalam media ini, setiapangkaakanadabenda-benda yang menyatakanjumlahnya. Misalpadaangka 12, makaakanadapensil yang menyatakanjumlahsesuaidenganangka 12, dankemudiandapatanakhitungjumlahnyaitu. Dalamkegiataninikemampuankognitifanakdapatjugadikembangkan.
c)      Dapatbelajarmengetahuinamabenda, hewandanbuah
Seperti yang telahdijelaskanpadamanfaatsebelumnya, bahwasetiapangkaadaberbagaimacamgambarbenda-benda, hewansertabuah-buahan yang jumlahnyasesuiadenganangkatersebut.Sehinggaakanmembantuanakuntukmengenalberbagaimacamgambarbenda, hewan, danbuah, sepertigambaradagambarpensil, tas, bebek, kupu-kupu, pisang, jeruk, dan lain-lain.
d)     Mengembangkankemampuanbahasaanak
Melalui media jam ini, makaanakdapatmenyebutkanberbagaimacamangkasertaberbagaimacamgambar yang ada, secaratidaklangsungakandapatmelatihkemampuanberbahasaanakmenjadilebihbaiklagi.
e)      Mengembangkankemampuanmotorikanak
Karena media yang digunakanadalah jam, makatidakterlepasdari yang namanyajarum jam sebagaipenunjukwaktu. Anakdapatmemainkanjarum jam tersebutdengancaramemutar-mutarkannya, sehinggadalamhalinikelenturanjari-jarianakakanlebihbaiklagi, bisajugadengancaraanakmenggambarkandanmewarnaigambarapasaja yang merekasukai yang adapadajam tersebut, untukdapatmelatihkemampuanmotoriknya.
f)       Belajarmengenalwaktumelalui jam
Kita jugadapatmengenalkanwaktupadaanak, tidakhanyasekedarwaktupagi, siangdanmalamsaja.Namundalamhalinikitadapatmenyertakanwaktutersebutdenganjamnya.Misalpada jam 06.00 adalahpagidanwaktunyautukbanguntidurlalumandi.
g)      Meningkatkandayafikirdanimajinasianak
Melalui media inianakdapatmengembangkandayafikirnyasertaanakmulaibelajarberfikirabstrak, sehinggaimajinasinyaakanmeningkat. 




BAB 3
PENUTUP
3.1        Kesimpulan
Pengertian media dalampembelajaranadalahsegalabentukalatkomunikatif yang dapatdigunakanuntukmenyampaikanpesan/informasidarisumberkepadaanakdidikyanngbertujuan agar dapatmerangsangpikiran, perasaan, minatdanperhatiananakdidikuntukmengikutikegiatanpembelajaran.
Peran media dalam proses belajarmengajaradalah; a) MemperjelasPenyajianPesandanMengurangiVerbalitas; b) MemperdalamPemahamanAnakDidikterhadapMateriPelajaran; c) MemperagakanPengertian yang AbstrakkepadaPengertian yang KoonkretdanJelas; d) MengatasiKeterbatasanRuang, WaktudanDayaInderaManusia.
Manfaat media pembelajaranmenggunakan jam, diantaranya; a)mengenalkonsepwarnadanangka; b)  belajarberhitung; c) dapatbelajarmengetahuinamabenda, hewandanbuah; d) mengembangkankemampuanbahasa; e) mengembangkankemampuanmotorik; f) belajarmengenalwaktumelalui jam; g) meningkatkandaya piker anakdanimajinasianak.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar