KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
pujisyukurkehadirat Allah SWT, yang
denganrahmatdaninayah-Nya.MakalahinidisusununtukmemenuhimatakuliahMedia
Pembelajaran AUD.
PenulisjugamengucapkanterimakasihkepadaBapakDudungAbdussalamM.PdselakudosenpembimbingmatakuliahMedia
pembelajaran AUD. Penulisjugaberterimakasihpadateman-teman yang
telahmemberipengarahandanpetunjukdalampembuatanmakalahini.
Penulismenyadaribahwadalampembuatanmakalahinimasihbanyakkekurangan,
olehkarenaitukritikdan saran daridosenpembimbingmaupunteman-temansangatpenulisharapkantegursapanyauntukperbaikanmakalahinidanselanjutnya.
Kepada Allah
SWT, kami
memohontaufikdanhidayah-Nyasemogadalampembuatanmakalahinisenantiasadalamkeridhaannya-Nya.
Amin.
Kuningan, November 2013
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iii
BAB I. PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang.......................................................................................... 1
1.2
RumusanMasalah..................................................................................... 3
1.3
Tujuan...................................................................................................... 4
BAB II. PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Media
Pembelajaran............................................................... 5
2.2
PerandanKedudukan
Media Pembelajaran.............................................. 5
BAB III. PENUTUP
3.1
Kesimpulan..................................................................................... ........ 8
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang
PendidikanAnakUsiaDini,
khususnya di Taman
Kanak-kanaksangatpentingsekalidanmerupakansalahsatujenjangpendidikan yang
perludiperhatikan. Taman
Kanak-kanakmerupakansalahsatubentukpendidikananakusiadinipadajalur formal yang menyediakan
program pendidikananakumur 4 sampai 6 tahun yang
bertujuanmembantumengembangkanpotensibaikpsikisdanfisik yang
meliputinilai-nilai moral, agama,disiplin, sosialemosional, kemandirian,
kognitif, bahasa, fisik, motorik, danseniuntuksetiapmemasukipendidikanselanjutnya.
Hal inisesuaidengan UU No.20 tahun 2003 bab I, pasal 1 butir 14 yaitu
:Pendidikananakusiadiniadalahsuatuupayapembinaan yang
ditujukankepadaanaksejaklahirsampaiusiaenamtahun yang
dilakukanmelaluipemberianrangsanganpendidikanuntukmembantupertumbuhandanperkembanganjasmanidanrohani
agar anakmemilikikesiapandalammemasukipendidikanlebihlanjut.
Pendidikan
Taman Kanak-kanakmengupayakan program
pengembanganprilakuataupembiasaandankemampuandasarpadadirianaksecara
optimal.Dalamrangkamengoptimalkanperkembangananakmelaluipendidikananakusiadini,
program pendidikanharusdisesuaikandengankarakteristikanak yang
mempunyaipengalamandanpengetahuan yang berbeda. Program
pendidikanharusmemberikanrangsangan-rangsangan,
dorongandandukungankepadaanak.Program pendidikanuntukanak,
harusmemperhatikanseluruhaspekperkembangananaksertadisesuaikandengankebutuhan,
minatdankemampuananak.Pendidikan di Taman Kanak-kanakmengupayakananakuntukmemperolehstimulasiterhadapkemampuandasar
yang meliputinilai agama dan moral, bahasa, kognitif, fisik
(motorikhalusdanmotorikkasar).
Pengembangankognitifanak
Taman Kanak-kanakdapatdilakukanmelaluipengenalanbendasekitarmenurutbentuk,
jenis, ukuran, pengenalankonsep-konsepsains, pengenlanbentukgeometri,
pengenalantentangkonsepwaktu, pengenalankonsepmatematikasederhana,
pengenalantentangbilangan, terutamapengenalankonsepangkadenganbenda.
Pengenalankonsepmatematika
di Taman Kanak-kanakdapatdilakukanmelaluiberbagaimetodeantara lain
metodebercerita, tanyajawab, pemberiantugas, prakteklangsungataumelaluiberhitung.
Permainanberhitungmerupakanbagiandarimatematika yang
diperlukanuntukmenumbuhkembangkanketerampilanpengenalankonsepmatematika yang
bermanfaatuntukkehidupansehari-hari, terutamamengenallambangbilangan yang
merupakandasarbagipengembangankemampuankognitif.Sampaisaatini,
pengenalankonsepangkabelumberkembangdenganbaik.Begitu pula
pengembangankemampuanmatematikadalambelajarbelumberkembangdenganbaik.Seharusnyakemampuanmatematikaanakdapatdikembangkandenganbaikmelaluipemberianfasilitasdanpembelajaran
yang dilakukan guru, yang disertaidenganstrategiataumetodepembelajaran di Taman
Kanak-kanaksupayamenghasilkanpembelajaran yang optimal,
hendaknyapembelajarandiikutidengan media sehinggapembelajaran yang diberikan
guru bermaknabagianakdandapatmengembangkanpengenalankonsepangkasertakemampuanmatematikaanak.
Berdasarkankenyataan
yang penelititemukan di Taman Kanak-kanak Pembina
KecamatanBaranginSawahluntokhususnyakelompok B1
adalahkurangnyakemampuananaktentangpembelajaranmatematika,
penelitiseringmenemukankurangnyapemahamananaktentangukuran – ukuranbenda
(tinggi, rendah, besar-kecil, berat-ringan, banyak-sedikit), sertadalam proses
pembelajaran, kemampuan guru
untukmengajakanakmengikutikegiatanpembelajarandenganalatperaga yang digunakan
guru, kurangmenarikbagianaksertametodepembelajaran yang
digunakankurangbervariasi, terutamauntukmeningkatkankemampuanmatematika
MenurutSusanto(
2011:47 ) Kognitifadalahsuatu proses berpikir,
yaitukemampuanindividuuntukmenghubungkan, menilai,
danmempertimbangkansuatukejadianatausuatuperistiwa. Proses
kognitifberhubungandengantingkatkecerdasan( intelegensi) yang
menandaiseseorangdenganberbagaiminatterutamasekaliditujukankepada ide-ide
danbelajar. TujuanperkembangankognitifmenurutMasitohdalamAisyah ( 2006:1.12)
adalahuntukmengembangkankemampuanberpikiranak agar
dapatmengolahperolehanbelajarnya,
dapatmenemukanbermacam-macamalternatifpemecahanmasalah,
membantuanakuntukmengembangkankemampuanlogikamatematikanya,
mengembangkanmemilah-milahdanmengelompokan, mempersiapkanpengembangankemampuanberpikirteliti.
MenurutMontolalu
(2009:8.31)
Matematikaadalahsesuatusistemabstrakuntukpengalamandalammengorganisasikansertamengurutkan.
Anakusia Taman Kanak-kanakberpikirberpikirsecarakonkret,
konsep-konsepatauurutantidakakanberartiapa-apabagimerekakecualimerekamemilikisesuatukonkretuntukbisadihitungdandiurutkan.
TujuanpembelajaranmatematikaberdasarkanpendapatSujiono
(2008:11.5) permainanmatematikabertujuan agar
anakdapatmengetahuidasar-dasarpembelajaranberhitungdalamsuasana yang menarik,
aman, nyaman, danmenyenangkan,
sehinggadiharapkannantinyaanakakanmemilikikesiapandalammengikutipembelajaranmatematika
yang sesungguhnyadisekolahdasar. Bermainmerupakansuatukegiatan yang
dilakukananaksecaraberulang-ulangsemata-mata demi kesenangandantidakadatujuanatausasaranakhir
yang ingindicapainya, PendapatHildayani (2007: 4.3).Tujuanbermain yang
dikemukakanSantoso (2006: 4.4) adalahuntukmelatihkecerdasanmusikal,
kecerdasanspasialdan visual, kecerdasankinestetik, kecerdasan
interpersonal.Jikakitamengenalkecerdasanspritualmakakecerdasaniniberadadiataskecerdasanemosional.Fungsibermainmempunyaiperananpentingbagiperkembangankognitifdansosialanak,
fungsibermainjugadapatmempengaruhiperkembanganbahasa, disiplin, perkembangan
moral, kreativitas, danperkembanganfisikmotorikanak.
1.2
RumusanMasalah
Berdasarkanlatarbelakangmasalah yang dikemukakan di
atas, terdapatbeberaparumusanmasalahdalamkaitannyadenganMedia
PembelajaranBerbentuk Jam, yaitusebagaiberikut:
a) ApaPengertian
media pembelajaran?
b) Menerangkanperan
media pembelajaran?
c) Apamanfaat
media pembelajaranberbentuk jam?
Dalampembuatanmakalahinipenulismempunyaimaksuddantujuanantara
lain:
a)
Mengetahuipengertian
media pembelajaran.
b)
Mengetahuiperandari
media pembelajaran.
c)
Mengetahuimanfaat
media pembelajaranberbentuk jam.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Media Pembelajaran
Media berasaldaribahasa Latin
danmerupakanbentukjamakdari kata medium yang secaraharfiahmemilikiartiantara,
perantara,ataupengantar. Media
adalahperantaraataupengantarpesandaripengirimpesankepadapenerimapesan.Terkaitdenganpembelajaran,
media adalahsegalasesuatau yang
dapatdigunakanuntukmenyampaikanpesandaripengirimpesankepadapenerimapesansehinggadapatmerangsangpikiran,
perasaan, danperhatiananakdidikuntuktercapainyatujuanpendidikan.
Bahwapengertian media dalampembelajaranadalahsegalabentukalatkomunikatif
yang
dapatdigunakanuntukmenyampaikanpesan/informasidarisumberkepadaanakdidikyanngbertujuan
agar dapatmerangsangpikiran, perasaan,
minatdanperhatiananakdidikuntukmengikutikegiatanpembelajaran.
2.2
PerandanKedudukan
Media dalamPembelajaran
Media
selaindapatdigunakanuntukmengatarkanpembelajaransecarautuhjugadapatdimanfaatkanuntukmenyampaikanbagiantertentudarikegiatanpembelajaran,
memberikanpenguatanmaupunmotivasi.Kembalikepadaartipenting media dalam proses
beelajar-mengajar yang dapatmengantarkankepadatujuanpendidikan,
makaberikutiniakandiuraikanberbagaiperanan media dalam proses belajarmengajar
(Hamalik 1997, Sadiman, 2003).
a)
MemperjelasPenyajianPesandanMengurangiVerbalitas
Sesuaidengankarakteristikdari media,
makapenggunaan media
dapatmembantumanusiamengatasisedikitbanyakketerbatasaninderamanusiasehinggapesan
yang disampaikanmenjadijelas.Penggunaan media dapatmengurangiverbalitaskarena
media dapatmendooroonganakuntukaktifberperansertadalam proses belajarmengajar,
sehinggainformasi yang diterimaolehanakdidiktidakhanyadari guru
sajatetapianakdidikjugaturutaktifmencaridanmendapatkaninformasipembelajarantersebut.
b)
MemperdalamPemahamanAnakDidikterhadapMateriPelajaran
Denganpenggunaa media
dalambelajarakanadakejelasaninformasi/pesantentangmateripelajaran yang
diterimaanakdidik. Di sampingitu, melalui media
peranaktifanakdidikdapatdigerakkanuntukmemperolehpengetahuantentangmateripelajaran,
makahalitusecaraotomatisakanmemperdalampemahamananakdidik.
c)
MemperagakanPengertian
yang AbstrakkepadaPengertian yang KoonkretdanJelas
Materipembelajaransering kali
adalahsesuatu yang bersifatabstrak. Hal yang
abstrakinitidakmudahdipahamiterutamauntukanakusiadini. Olehkarenaitu, media
mampumenjadikansesuatu yang bersifatabstrakdapatdipahamisecarakonkretdanjelas.
d)
MengatasiKeterbatasanRuang,
WaktudanDayaInderaManusia
Manusiamemilikiketerbatasaninderauntukbisamemahamitentangselukbeluklingkungankehidupannyajikahanyamengandalkandayainderanya.Olehkarenaitu,
manusiamembutuhkanbantuanberbagaialatyaitudenagnmenggunakanberbagai media.
Dapatdikatakanbahwasalahsatufungsiutama
media pembelajaranadalahsebagaialatbantumengajar. MenurutHamalik (1986)
pemakaian media dalam proses pembelajarandapatmeningkatkankeinginandanminat
yang baru, membangkitkanmotivasidanrangsangankegiatanbelajar,
danjugaberpengaruhpadapsikologissiswa.Levie& Lentz (1982)
mengemukakanfungsi media pembelajaransebagaiberikut
v Fungsiatensiyaitumenarikdanmengarahkanperhatiansiswapadaisipelajarandibantudengan
media gambarsehinggamemilikikemungkinanmengingatisipelajaranlebihbesar.
v Fungsiafektifyaitumunculketikabelajardenganteks yang bergambar,
sehinggadapatmenggugahemosidansikapsiswa.
v Fungsikognitifyaitumengungkapkangambarmemperlancarpencapaiantujuanmemahamidanmengingatinformasi
yang terkandung.
v Fungsikompensatorisyaituberfungsimengakomodasikansiswa yang
lemahdanlambatmenarimadanmemahamiisipelajaran yang disajikandenganteks.
2.3
Manfaat
Media PembelajaranBerbentuk Jam
Memilikibeberapamanfaatyang
dapatmengembangkankemampuanpesertadidikkhususnyaanakusiadinidalam proses
kegiatanbelajarmenggunakan jam sebagai media pembelajarnya, diantaranya :
a)
Membantuanakmengenalkonsepwarnadanangka.
Melalui media
iniakandapatmembantuanakuntukdapatmengenalberbagaimacamwarna,
berbagaiwarna-warna yang menarik yang adadalam jam akandapatanakketahui. Serta
anakdapatbelajarangka-angka yang adapada jam, di karenakan media yang di
gunakanpadasaatiniadalah jam, makaangka yang dapatanakketahuiayaitu yang
menunjukkanpada jam, yakni 1 – 12. Sehinggadalamhalinikemampuankognitifnyaakanlebihbaiklagi.
b)
Belajarberhitung
Jam yang di gunakansebagai media
pembelajaranini, akandapatmembantukemampuananakuntukberhitung. Dalam media ini,
setiapangkaakanadabenda-benda yang menyatakanjumlahnya. Misalpadaangka 12,
makaakanadapensil yang menyatakanjumlahsesuaidenganangka 12,
dankemudiandapatanakhitungjumlahnyaitu.
Dalamkegiataninikemampuankognitifanakdapatjugadikembangkan.
c)
Dapatbelajarmengetahuinamabenda,
hewandanbuah
Seperti yang telahdijelaskanpadamanfaatsebelumnya,
bahwasetiapangkaadaberbagaimacamgambarbenda-benda, hewansertabuah-buahan yang
jumlahnyasesuiadenganangkatersebut.Sehinggaakanmembantuanakuntukmengenalberbagaimacamgambarbenda,
hewan, danbuah, sepertigambaradagambarpensil, tas, bebek, kupu-kupu, pisang,
jeruk, dan lain-lain.
d)
Mengembangkankemampuanbahasaanak
Melalui media jam ini,
makaanakdapatmenyebutkanberbagaimacamangkasertaberbagaimacamgambar yang ada,
secaratidaklangsungakandapatmelatihkemampuanberbahasaanakmenjadilebihbaiklagi.
e)
Mengembangkankemampuanmotorikanak
Karena media yang digunakanadalah jam, makatidakterlepasdari yang
namanyajarum jam sebagaipenunjukwaktu. Anakdapatmemainkanjarum jam
tersebutdengancaramemutar-mutarkannya,
sehinggadalamhalinikelenturanjari-jarianakakanlebihbaiklagi,
bisajugadengancaraanakmenggambarkandanmewarnaigambarapasaja yang merekasukai
yang adapadajam tersebut, untukdapatmelatihkemampuanmotoriknya.
f)
Belajarmengenalwaktumelalui
jam
Kita
jugadapatmengenalkanwaktupadaanak, tidakhanyasekedarwaktupagi,
siangdanmalamsaja.Namundalamhalinikitadapatmenyertakanwaktutersebutdenganjamnya.Misalpada
jam 06.00 adalahpagidanwaktunyautukbanguntidurlalumandi.
g)
Meningkatkandayafikirdanimajinasianak
Melalui
media inianakdapatmengembangkandayafikirnyasertaanakmulaibelajarberfikirabstrak,
sehinggaimajinasinyaakanmeningkat.
BAB 3
3.1
Kesimpulan
Pengertian media
dalampembelajaranadalahsegalabentukalatkomunikatif yang
dapatdigunakanuntukmenyampaikanpesan/informasidarisumberkepadaanakdidikyanngbertujuan
agar dapatmerangsangpikiran, perasaan, minatdanperhatiananakdidikuntukmengikutikegiatanpembelajaran.
Peran media dalam proses
belajarmengajaradalah; a) MemperjelasPenyajianPesandanMengurangiVerbalitas; b)
MemperdalamPemahamanAnakDidikterhadapMateriPelajaran; c) MemperagakanPengertian
yang AbstrakkepadaPengertian yang KoonkretdanJelas; d)
MengatasiKeterbatasanRuang, WaktudanDayaInderaManusia.
Manfaat media pembelajaranmenggunakan jam, diantaranya;
a)mengenalkonsepwarnadanangka; b)
belajarberhitung; c) dapatbelajarmengetahuinamabenda, hewandanbuah; d)
mengembangkankemampuanbahasa; e) mengembangkankemampuanmotorik; f)
belajarmengenalwaktumelalui jam; g) meningkatkandaya piker
anakdanimajinasianak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar